Pemutakhiran Dapodik bisa dipakai untuk pantau kondisi WASH di sekolah

Pemutakhiran Dapodik adalah suatu sistem yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mengumpulkan data sekolah di seluruh Indonesia. Dengan adanya Pemutakhiran Dapodik, Kemdikbud dapat memantau kondisi sekolah secara lebih akurat dan efisien.

Salah satu hal yang dapat dipantau melalui Pemutakhiran Dapodik adalah kondisi sanitasi di sekolah atau yang biasa dikenal dengan istilah WASH (Water, Sanitation, and Hygiene). WASH merupakan faktor penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan siswa di sekolah.

Dengan menggunakan data dari Pemutakhiran Dapodik, Kemdikbud dapat mengetahui apakah sekolah-sekolah di Indonesia sudah memenuhi standar sanitasi yang ditetapkan. Hal ini penting karena sanitasi yang buruk di sekolah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit diare, infeksi saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

Dengan memantau kondisi WASH di sekolah melalui Pemutakhiran Dapodik, Kemdikbud dapat memberikan bantuan dan dukungan kepada sekolah yang membutuhkan untuk meningkatkan sanitasi mereka. Selain itu, Kemdikbud juga dapat melakukan program-program edukasi tentang pentingnya sanitasi yang baik kepada siswa dan guru di sekolah.

Dengan demikian, Pemutakhiran Dapodik tidak hanya membantu Kemdikbud dalam mengelola data sekolah secara lebih efisien, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk memantau dan meningkatkan kondisi WASH di sekolah. Dengan kondisi WASH yang baik, diharapkan kesehatan dan kesejahteraan siswa di sekolah juga dapat meningkat.