Mengenal diseksi aorta, deteksi dini dan cara penanganannya

Aorta adalah pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Diseksi aorta adalah kondisi serius yang terjadi ketika lapisan dalam aorta terkoyak, memungkinkan darah mengalir ke dalam lapisan dinding aorta dan merobeknya. Kondisi ini dapat mengancam nyawa dan memerlukan penanganan segera.

Gejala diseksi aorta bisa bervariasi tergantung pada lokasi robekan dan seberapa parah kondisinya. Gejala yang umum termasuk nyeri dada yang tajam dan tiba-tiba, nyeri di punggung, leher, atau perut, sesak napas, denyut jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi atau rendah, pingsan, mual, dan muntah.

Deteksi dini sangat penting dalam mengatasi diseksi aorta. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, segera cari bantuan medis. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti CT scan atau MRI untuk memastikan diagnosis. Pengobatan diseksi aorta tergantung pada seberapa parah kondisinya. Beberapa pasien mungkin memerlukan operasi darurat untuk memperbaiki robekan pada aorta, sementara yang lain mungkin cukup dengan pengobatan obat-obatan.

Selain penanganan medis, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah diseksi aorta. Hindari merokok, kontrol tekanan darah dan kolesterol, makan makanan sehat, dan rutin berolahraga. Selalu berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit jantung atau faktor risiko lainnya.

Mengenal diseksi aorta dan deteksi dini merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki gejala yang mencurigakan atau faktor risiko yang meningkat. Kesehatan jantung Anda adalah investasi terbaik untuk masa depan yang sehat dan bahagia.