Mengenal dekubitus dan cara pencegahannya pada lansia

Dekubitus, atau yang sering disebut dengan luka tekan, adalah luka yang terjadi akibat tekanan yang terus menerus pada kulit dan jaringan di bawahnya. Dekubitus biasanya terjadi pada orang yang terlalu lama berada dalam posisi yang sama, seperti pada lansia yang sering mengalami kesulitan dalam bergerak.

Lansia adalah kelompok rentan yang rentan terhadap dekubitus karena kulit mereka cenderung menjadi lebih tipis dan kurang elastis seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, gangguan peredaran darah dan kelemahan otot juga bisa membuat lansia lebih rentan terhadap dekubitus.

Untuk mencegah terjadinya dekubitus pada lansia, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, lansia perlu sering berganti posisi saat duduk atau berbaring untuk mengurangi tekanan pada kulit dan jaringan di bawahnya. Selain itu, lansia juga perlu menjaga kebersihan kulit dengan rajin membersihkannya dan menggunakan pelembap untuk mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Selain itu, penting juga untuk memberikan nutrisi yang cukup kepada lansia agar kulit mereka tetap sehat dan kuat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan vitamin dapat membantu mempercepat penyembuhan luka serta mencegah terjadinya dekubitus.

Selain langkah-langkah di atas, perhatikan juga kondisi kesehatan lansia secara menyeluruh. Jika lansia mengalami gangguan peredaran darah atau gangguan kesehatan lainnya, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dengan menjaga kebersihan kulit, memberikan nutrisi yang cukup, dan melakukan perubahan posisi secara teratur, kita dapat membantu mencegah terjadinya dekubitus pada lansia. Jangan biarkan dekubitus mengganggu kualitas hidup lansia yang kita sayangi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.