Kiat makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak

Steak adalah salah satu hidangan yang sangat disukai oleh banyak orang. Namun, makan steak sering dianggap tidak sehat karena tinggi lemak dan kalori. Namun, sebenarnya ada cara untuk menikmati steak tanpa harus khawatir akan kesehatan dan kadar lemak yang tinggi. Berikut adalah beberapa kiat untuk makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak:

1. Pilih daging yang rendah lemak
Pilih daging steak yang rendah lemak seperti sirloin, tenderloin, atau flank steak. Hindari daging yang tinggi lemak seperti ribeye atau T-bone steak. Daging yang rendah lemak akan membantu mengurangi asupan lemak jenuh yang tidak sehat.

2. Pilih metode memasak yang sehat
Hindari menggoreng steak dalam minyak banyak. Lebih baik panggang atau grill steak tanpa tambahan minyak. Anda juga bisa merebus atau memasak steak dengan metode sous vide untuk mengurangi penggunaan minyak.

3. Hidangkan dengan sayuran
Tambahkan sayuran sebagai pelengkap steak Anda. Sayuran akan memberikan serat dan nutrisi penting bagi tubuh Anda. Hindari menghidangkan steak dengan kentang goreng atau makanan berlemak lainnya.

4. Batasi porsi
Makan steak dalam porsi yang sehat. Hindari makan steak dalam porsi besar yang bisa membuat Anda kelebihan kalori dan lemak. Sebaiknya makan steak dalam porsi sedang dan seimbang dengan sayuran dan karbohidrat.

5. Hindari saus berlemak
Hindari saus berlemak seperti saus krim atau saus mentega. Lebih baik gunakan saus tomat atau saus rendah lemak sebagai pelengkap steak Anda.

Dengan mengikuti kiat di atas, Anda bisa menikmati steak tanpa harus merasa bersalah atau khawatir akan kesehatan Anda. Selamat menikmati steak sehat dan rendah lemak!