Kiat beri obat TBC pada anak, berikan saat perut kosong

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Karena itu, penting bagi orangtua untuk memberikan obat TBC pada anak dengan benar agar penyakit ini dapat diobati dengan efektif.

Salah satu kiat yang penting dalam memberikan obat TBC pada anak adalah memberikannya saat perut kosong. Hal ini karena makanan dan minuman dapat mengganggu penyerapan obat dalam tubuh anak. Sehingga, pemberian obat TBC pada anak sebaiknya dilakukan minimal satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

Selain itu, pastikan anak mengonsumsi obat TBC sesuai dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter. Jangan menghentikan pengobatan sebelum waktu yang ditentukan selesai, meskipun gejala penyakit sudah mulai membaik. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya resistensi obat dan kekambuhan penyakit.

Selain memberikan obat TBC, orangtua juga perlu memberikan dukungan dan perhatian yang cukup pada anak selama proses pengobatan. Berikan makanan bergizi dan pastikan anak cukup istirahat agar sistem kekebalan tubuhnya dapat bekerja dengan baik dalam melawan bakteri penyebab TBC.

Dengan memberikan obat TBC pada anak dengan benar dan memberikan dukungan yang cukup, diharapkan penyakit TBC pada anak dapat diobati secara efektif dan anak dapat pulih sepenuhnya. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika ada keluhan atau pertanyaan terkait pengobatan TBC pada anak. Semoga anak sehat selalu!