IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar anak-anak banyak mengkonsumsi buah saat polusi udara tinggi. Hal ini dikarenakan paparan polusi udara dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan anak, terutama pada sistem pernapasan.

Polusi udara adalah kondisi dimana udara di sekitar kita tercemar oleh partikel-partikel berbahaya yang berasal dari emisi kendaraan bermotor, pabrik, dan aktivitas manusia lainnya. Paparan polusi udara dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma, bronkitis, dan infeksi saluran pernapasan.

Dalam menghadapi paparan polusi udara, IDAI menyarankan agar anak-anak lebih sering mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang terdapat dalam polusi udara.

Buah-buahan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi anak-anak saat polusi udara tinggi antara lain jeruk, mangga, stroberi, blueberry, dan anggur. Buah-buahan tersebut mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak dan melindungi mereka dari dampak buruk polusi udara.

Selain itu, IDAI juga menyarankan agar anak-anak menghindari aktivitas di luar ruangan saat polusi udara tinggi, menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, dan mengonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Dengan mengikuti anjuran dari IDAI untuk banyak mengonsumsi buah saat polusi udara tinggi, diharapkan anak-anak dapat tetap sehat dan terlindungi dari dampak negatif polusi udara. Jaga kesehatan anak-anak kita dengan memberikan mereka asupan buah-buahan yang sehat dan bergizi setiap harinya.