IDAI: MPASI buatan sendiri lebih baik dari yang dijual di jalan

Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan makanan yang diperkenalkan kepada bayi setelah usia enam bulan. MPASI sangat penting untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, tidak semua MPASI yang dijual di jalan atau pasar aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh bayi.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), MPASI buatan sendiri lebih baik dan lebih aman daripada yang dijual di jalan. Hal ini dikarenakan MPASI buatan sendiri bisa dikontrol kualitasnya dan pastinya lebih higienis. Selain itu, MPASI buatan sendiri juga lebih sehat karena tidak mengandung bahan pengawet atau pemanis buatan yang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi.

Banyak orang tua yang memilih untuk membuat MPASI sendiri untuk bayinya karena mereka bisa memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas tinggi. Selain itu, dengan membuat sendiri MPASI, orang tua juga bisa memastikan bahwa makanan yang diberikan kepada bayi sesuai dengan kebutuhan gizinya.

IDAI juga menyarankan agar orang tua menghindari memberikan MPASI yang mengandung garam, gula, atau MSG kepada bayi. Sebaiknya, MPASI yang diberikan kepada bayi adalah makanan alami yang sehat dan bergizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan sereal.

Dengan memberikan MPASI buatan sendiri kepada bayi, orang tua bisa memberikan asupan nutrisi yang optimal bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu, MPASI buatan sendiri juga bisa membantu bayi untuk mengembangkan selera makan yang sehat sejak dini.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan kualitas dan keamanan MPASI yang diberikan kepada bayi. MPASI buatan sendiri merupakan pilihan yang lebih baik daripada yang dijual di jalan karena bisa memastikan bahwa bayi mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para orang tua yang sedang mempersiapkan MPASI untuk bayinya.