IDAI bagikan 7 kiat orang tua cegah kekerasan seksual pada anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan 7 kiat bagi orang tua untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Kekerasan seksual pada anak merupakan salah satu bentuk kejahatan yang sangat merugikan dan dapat meninggalkan trauma yang mendalam bagi korban. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami dan melakukan langkah-langkah pencegahan yang efektif.

Pertama, orang tua perlu memberikan pendidikan seksual kepada anak sesuai dengan usia dan tingkat perkembangannya. Dengan memberikan pemahaman yang tepat tentang tubuh dan seksualitas, anak akan lebih siap untuk menghadapi situasi yang berpotensi mengancam keamanannya.

Kedua, orang tua perlu mengajarkan anak tentang batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar oleh orang lain. Anak perlu diberitahu bahwa tidak semua sentuhan atau perlakuan dari orang lain adalah hal yang benar, dan mereka memiliki hak untuk menolak atau melaporkan perilaku yang tidak pantas.

Ketiga, orang tua perlu membuka komunikasi yang baik dengan anak. Anak perlu merasa nyaman untuk berbicara tentang segala hal, termasuk mengenai pengalaman yang membuat mereka merasa tidak aman atau tidak nyaman.

Keempat, orang tua perlu memantau aktivitas anak, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Dengan memperhatikan pergaulan anak dan aktivitas online mereka, orang tua dapat mencegah potensi risiko kekerasan seksual yang datang dari lingkungan sekitar.

Kelima, orang tua perlu mengajarkan anak untuk percaya pada insting dan perasaan mereka sendiri. Jika anak merasa tidak nyaman atau curiga terhadap seseorang, mereka perlu diajarkan untuk tidak takut untuk mengatakan tidak dan melaporkan kejadian tersebut kepada orang tua atau orang dewasa yang mereka percayai.

Keenam, orang tua perlu memberikan contoh yang baik dalam berperilaku dan bertindak. Anak akan meniru tingkah laku orang tua, oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memberikan teladan yang baik dalam menjaga batasan dan menghormati orang lain.

Terakhir, orang tua perlu memberikan pemahaman kepada anak tentang hak-hak mereka sebagai individu. Anak perlu tahu bahwa mereka memiliki hak untuk merasa aman dan dilindungi, serta memiliki hak untuk menolak perlakuan yang tidak pantas.

Dengan menerapkan 7 kiat tersebut, diharapkan orang tua dapat menjadi garda terdepan dalam melindungi anak-anak dari kekerasan seksual. IDAI juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut berperan dalam memberikan perlindungan dan dukungan bagi anak-anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman dan nyaman.