Dokter: Anak dengan alergi susu sapi tak boleh diberi susu kambing

Alergi susu sapi adalah kondisi di mana tubuh anak tidak dapat mentolerir protein yang terdapat dalam susu sapi. Sebagai alternatif, beberapa orang tua mungkin memilih memberikan susu kambing kepada anak mereka yang memiliki alergi susu sapi. Namun, para dokter menyarankan agar anak dengan alergi susu sapi tidak diberi susu kambing sebagai pengganti.

Susu kambing mengandung protein yang mirip dengan susu sapi dan dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak yang sensitif terhadap protein susu sapi. Meskipun beberapa anak mungkin tidak menunjukkan reaksi alergi setelah mengonsumsi susu kambing, namun ada kemungkinan bahwa mereka akan mengalami reaksi alergi di masa depan.

Para dokter merekomendasikan untuk memberikan susu pengganti yang bebas dari protein susu, seperti susu kedelai atau susu almond. Anak dengan alergi susu sapi juga dapat mengonsumsi produk susu yang diolah khusus untuk penderita alergi susu, seperti susu hipoalergenik.

Selain itu, penting bagi orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi sebelum memberikan pengganti susu kepada anak yang memiliki alergi susu sapi. Mereka akan memberikan saran yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan anak.

Dengan memperhatikan saran dari para dokter, orang tua dapat memastikan bahwa anak mereka mendapatkan asupan nutrisi yang cukup tanpa harus mengorbankan kesehatan mereka. Jadi, jangan memberikan susu kambing kepada anak dengan alergi susu sapi dan selalu konsultasikan kondisi kesehatan anak dengan dokter sebelum mengambil keputusan penting mengenai nutrisi mereka.