Ahli rekomendasikan lansia banyak konsumsi makanan berprotein

Menjaga kesehatan lansia merupakan hal yang sangat penting agar mereka dapat tetap aktif dan sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan lansia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein.

Protein merupakan salah satu zat gizi yang penting bagi tubuh, terutama bagi lansia. Ahli gizi merekomendasikan agar lansia banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti daging, telur, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu.

Protein memiliki peran penting dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membantu menjaga massa otot yang penting untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tubuh. Selain itu, protein juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mengatur kadar gula darah.

Namun, dalam mengonsumsi makanan berprotein, lansia perlu memperhatikan asupan kalori dan lemak dalam makanannya. Pilihlah sumber protein yang rendah lemak dan hindari makanan yang mengandung lemak jenuh berlebihan. Sebaiknya konsumsi daging tanpa lemak, ikan berlemak tinggi, dan kacang-kacangan sebagai sumber protein.

Selain itu, lansia juga perlu memperhatikan asupan cairan dan serat dalam makanan mereka. Pastikan untuk tetap mengonsumsi air putih yang cukup dan makan makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Dengan mengonsumsi makanan berprotein secara cukup dan seimbang, lansia dapat menjaga kesehatan tubuh mereka dan terhindar dari berbagai penyakit yang sering menyerang pada usia lanjut. Jadi, jangan lupa untuk selalu memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi kepada lansia di sekitar kita. Semoga mereka dapat tetap sehat dan bahagia dalam menjalani hari-hari mereka.